Wednesday 12 March 2014

Cara Mengajari Anak Menulis Puisi


Cara Mengajari Anak Menulis Puisi


Puisi merupakan gambaran imajinasi manusia terhadap apa yang ada di dalam pikirannya. Mengajari menulis puisi untuk anak adalah hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan tekun dan berlangsung secara berkelanjutan. Dengan cara yang tepat dalam memberikan arahan kepada anak, maka anak akan mudah dalam hal praktek membuat puisi. Tanpa adanya paksaan atau larangan yang ada maka anak akan bebas berimajinasi dalam pikirannya. Membentuk karakter dalam jiwanya, menyalurkan bakat alami yang dimilikinya. Anak merasa senang jika ia dapat membuat puisi dengan hasil pikirannya sendiri.  Puisi anak menceritakan tentang hal hal yang ia dengar, lihat dan rasakan. Melalui menulis puisi maka anak berlatih kemampuan otak dalam merangkai kata dan kalimat. Anak dapat menjadi semangat dalam hidupnya.

Dalam menulis puisi dalam hal ini adalah anak, maka tidak ada batasan khusus dalam prakteknya. Anak menulis puisi dengan kapasitas pikiran yang ia rasakan. Maka hindari memberikan perintah kepada anak dalam menulis puisinya. Jangan member instruksi yang mengikat dan memaksa. Biarkan anak menulis puisi sesuai dengan kemampuannya. Hindari memberikan contoh yang terlalu kaku dan tidak fleksibel.


Yang harus dilakukan oleh anda para orang tua yang mengajari anak menulis puisi adalah memberikan dorongan dan saran yang tepat sesuai dengan kondisi yang ada, juga santai dalam menerangkan kepada anak. Ajaklah anak berbicara mengenai imajinasi yang ada pada pikiran anak. Anda memfasilitasi dengan ikut merasakan apa yang dirasakan anak. Misalnya anak sedang memikirkan tentang lezatnya makanan, maka anda harus ikut memikirkan lezatnya makanan tersebut. Sehingga anda dapat membantu anak menerapkan apa yang ada di pikirannya ke dalam tulisan.


Bisa juga dengan melihat langsung benda ataupun obyek di depannya. Seperti menulis puisi tentang boneka. Letakkan boneka di hadapannya untuk membantu anak supaya dapat menulis puisi dengan baik, melalui melihat tiap tiap bagian dari boneka tersebut. Semakin lama maka anak akan terbiasa menulis melalui imajinasi yang dirasakannya.Latihan secara berkelanjutan sangat membantu dalam keberhasilan anak menulis puisi. Sambil menjalani hari hari anda, maka anda bisa melakukan pemantauan perkembangan pada hasil tulisan puisi anak.


Baikla bila anda kurang paham dalam hal mengajari anak membuat puisi, maka silahkan download petunjuknya di bawah ini ;



Demikianlah artikel tentang Cara Mengajari Anak Menulis Puisi  ( Download gratis )

Semoga bermanfaat.

Temukan aneka informasi berguna lainnya hanya di http://www.infobagusnih.blogspot.com
Terima kasih.




2 comments:

  1. Mantap nie mas, buat sobat yang Punya tulisan Puisi, Cerpen, dan lainnya yang mau ditampilkan di blog saya, silahkan kunjungi dan kirim tulisan anda ke www.gooneman.blogspot.com. Terimakasih

    Kunjungan balik dari Jasa Bikin Blog

    ReplyDelete